Teaching Power Plant Program

What : Program “Teaching Power Plant”, yaitu sebuah inisiasi metode perkuliahan baru dimana perkuliahan tidak hanya dilakukan dengan tatap muka di kelas seperti pada umumnya tetapi juga dilakukan di sebuah sistem pembangkit listrik, dimana mahasiswa akan melihat langsung peralatan di industri, mengerti cara keranya, melakukan analisis dan mendapat sharing pengalaman dari para expert di bidang sistem pembangkit listrik. Kuliah “Teaching Power Plant” yang sudah dilaksanakan adalah mata kuliah Engineering Thermodynamics II (Termdinamika Teknik 2).

Where : President University & PT. Bekasi Power, Jababeka, Cikarang,

Who : mahasiswa mechanical engineering President University, PT. Bekasi Power

When :  Oktober s.d Desember 2016

Why :

  1. Sedini mungkin memberikan exposure kegiatan industri energi nyata kepada mahasiswa, tanpa harus menunggu masa internship/magang, sehingga semangat keprofesian bidang teknik mesin bisa ditumbuhkan sedini mungkin.
  2. Memberikan kesempatan kepada mahasiwa untuk mengaplikasikan teori yang didapat di kelas ke dunia nyata, dibandingkan jika hanya menyelesaikan soal ujian di kelas.
  3. Memberikan kesempatan mahasiswa untuk melihat langsung peralatan industri seperti pompa, turbin, boiler sehingga dapat mengerti cara kerja peralatan industri.
  4. Dikarenakan dapat melihat langsung nyata peralatan di industri, diharapkan program ini dapat mengakselerasi pemahaman mahasiswa terhadap teori-teori termodinamika seperti prinsip kesetimbangan energi, siklus Rankine, siklus Brayton.

How :

Di dalam kuliah termodinamika 2, mahasiswa mendapat materi teori dalam tatap muka di kelas. Sebanyak 40% dari total jumlah pertemuan dilaksanakan di PT. Bekasi Power. Kegiatan di PT. Bekasi Power terbagi menjadi dua yaitu site visit dan tatap muka.

Dalam site visit mahasiswa melakukan pengamatan terhadap sistem PLTGU secara keselurahan dan juga sub-sistem dari PLTGU seperti Gas Turbine Generator, Heat Recovery Steam Generator, Steam Turbine Generator, dll.  Mahasiswa setelah melakukan pengamatan akan ditugaskan untuk melakukan analisa terhadap sebuah sub-sistem PLTGU.

Tatap muka yang dilakukan di PT. Bekasi Power adalah sharing pengalaman dan knowledge dari para pimpinan PT. Bekasi Power. Salah satu contohnya adalah sharing sejarah dan perkembangan industri energi di Indonesia oleh Bapak Margiono Mustafa, pendiri PT. Bekasi Power.

Di akhir kuliah mahasiswa melakukan presentasi final akan analisis sub-sistem atau sistem PLTGU PT. Bekasi Power.

http://news.liputan6.com/read/2687954/pendekatan-baru-kuliah-di-president-university

https://news.detik.com/berita/3379260/saat-mahasiswa-belajar-cara-kerja-pembangkit-listrik-tenaga-gas-dan-uap

bp5

bp1

bp6

bp7

bp8

bp9

bp2

bp4

bp3